Tidaklah berharap itu suatu yang wajar?
Dan kita mempunyai harapan di setiap waktunya.

Memang sih harapan itu sering muncul untuk memberi semangat kepada orang lain dan memberi keoptimisan kepada diri sendiri.
Setiap orang juga mempunyai harapan dan mendapatkan harapan itu.

Tapi kadang aku merasa berat terhadap harapan itu, karena aku takut tidak bisa mewujudkan harapanku dan harapan orang lain kepadaku.
Alasannya "Kecewa", kecewa terhadap diri sendiri yang tidak mampu melakukan atau meraih apa yang kita haarapkan, kecewa terhadap orang lain yang kita harapkan, dan disaat kita mengecewakan orang lain.

Maka kadang aku memutuskan untuk tidak berhapan lebih kepada makhluk atau manusia, dan cuma manggantungkan harapan kepada Allah. Tapi kadang aku juga ditak bisa lepas dari berharap kepada manusia.

Aku juga berpikir bahwa harapan baik itu adalah do'a. Disaat kita berharap baik kepada seseorang, itu adalah do'a kita kepadanya. Dan kadang itulah do'a yang dimaksud "Mendoakan seseorang, tapi orang itu tidak menyadarinya" itu menurutku. Dan harapan yang paling Keren adalah harapan yang kita bawa dalam do'a - do'a kita. Dengan meminta kepada yang Maha Memberi.

Ohya. Harapan itu mirip - mirip dengan Keinginan, Cita - cita, dan Do'a. 

Disaat kita berharap kepaa diri sendiri untuk menjadi apa yang kita inginkan, nah itu sama saja dengan cita citakan. Harapan menjadi keinginan itu seperti kita berharap ingin mempunyai sesuatu atau dapat melakukan sesuatu. Harapan menjadi do'a ya seperti yang atas tadi, kita berharap baik kepada seseorang.

Oh ya. Harapan yang paling mengerikan adalah ketika kamu berharap kepada lawan jenismu agar dia menjadi kekasihmu. Karna itu hanya membuat resah hatimu, membuat kamu berpikiran yang tidak - tidak kepadanya, dan membuat kamu berharap lebih kapadanya. Padahal dia tidak pasti akan menjadi kekasihmu ataupun kalau jadi apakan kamu dapat menerima kekurangan - kerurangan darinya yang baru kamu ketahui? #Mikir 

Yah, begitulah saya ingin berpesan. Janganlah terlalu berharap kepada makhluk, berharaplah kepada Allah. Kalaupun berharap kepada makhluk berharaplah kebaikan kepadanya dan disertai berdo'a untuknya.

2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    karena makhluk itu lemah, dan tak bisa terus ada seperti halnya Ia yang selalu mengawasi dan menurunkah rahmat-Nya kepada kita (:


    btw tittlenya berhap? or berharap?

  2. Sip. Betul betul betul. :)

    hehe. Berharap maksudnya. salah ketik #Kebiasaan

    eh, Menurunkah? or menurunkan? hehe

Leave a Reply